Thursday 1 October 2015

Definisi serta Dampak dari Telematika

Teknologi informasi dan komunikasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik di Indonesia mau pun di seluruh dunia. Ditandai dengan munculnya berbagai bentuk inovasi teknologi yang salah satunya adalah internet atau interconnected network. Internet merupakan teknologi digital hasil dari konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media dan informasi. Keberadaan internet ini dimanfaatkan oleh masyarakat dunia dari berbagai kalangan untuk berbagai kegiatan, seperti mencari informasi, mengirim  informasi
dan melakukan kegiatan bisnis ataupun non bisnis. Kegiatan ini dikenal sebagai kegiatan telematika (cyber activities). Sebelum melanjutkan apa itu Cyber Activities, terlebih dahulu mengetahui apa itu Telematika.
a.     Kata Telematika berasal dari bahasa Perancis “TELEMATIQUE” yang berarti bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
b.   Istilah telematika merujuk pada cyber space sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan informatika.
c.    Istilah Teknologi Informasi itu sendiri merujuk pada perkembangan teknologi perangkat-perangkat pengolah informasi.
d.    Para praktisi menyatakan bahwa TELEMATICS adalah singkatan dari TELECOMMUNICATION and INFORMATICS sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication.
e. Istilah Telematics juga dikenal sebagai (the new hybrid technology) yang lahir karena perkembangan teknologi digital.
f.      Istilah Konvergensi yaitu Perkembangan yang memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau popular.
g.   Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Istilah telematika Sering Dipakai untuk review beberapa macam Bidang. Secara mum, istilah telematika dipakai juga untuk review Teknologi Sistem Navigasi / Penempatan global ATAU GPS (Global Positioning System) sebagai bagian terpisahkan dari Komputer dan Teknologi Hijau berpindah Komunikasi (teknologi komunikasi mobile). Secara lebih Spesifik, Istilah telematika dipakai untuk review Bidang Kendaraan dan lalulintas (kendaraan jalan Dan kendaraan telematika). http://Id.wikipedia.org/wiki/Telematika/
h.  Telematika Adalah Istilah untuk review mendefinisikan Telekomunikasi melalui media yang informatika. Berdasarkan Definisi di differences telematika sebenarnya mencakup doa teknik Yaitu: telekomunikasi Dan informatika http://telematika.web.id/index2.shtml
 i.     Definisi dari telematika yakni cabang dari informasi teknologi yang Penawaran dengan panjang - jarak transmisi dari komputerisasi Informasi.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa Telematika atau Telekomunikasi dan Informatika adalah cabang teknologi informasi berhubungan dengan trasmisi jarak jauh yang terkomputerisasi. Telekomunikasi merupakan perpaduan antara komputer dan jaringan nirkabel yang memudahkan penyaluran informasi, contoh dari telematika yang mudah dipahami adalah internet, karena bergantung pada sejumlah komputer yang terhubung secara melalui telekomunikasi global.
Kejahatan telematika adalah tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Walaupun media telematika tak hanya internet saja. Kegiatan ini dikenal sebagai kegiatan telematika (cyber activities). Di dalam cyber activities peran teknologi sangat besar, karena semakin tinggi teknologi yang dimiliki maka semakin besar pula peluang masyarakat untuk menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari. Kejahatan telematika sangat menggunakan komputer baik sebagai alat untuk mencapai tujuan dari kejahatan tersebut (computer as a tool) mau pun komputer sebagai target kejahatan (computer as a target).
Pada dasarnya originalitas kejahatan telematika adalah kejahatan dimana komputer sebagai  target, contohnya penyebaran virus atau malicious ware, sementara kejahatan dimana komputer sebagai alat adalah kejahatan tradisional yang menggunakan komputer sebagai sarana (contohnya fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu).
Kejahatan telematika termasuk kejahatan yang bersifat lintas batas wilayah territorial suatu negara, karena jaringan (network) ICT yang digunakan termasuk sebagai jaringan yang tanpa batas (borderless). Jaringan borderless merupakan jaringan yang disediakan untuk memudahkan pengguna internet  agar  dapat  mengakses  informasi  seluas-luasnya,  akan  tetapi   jaringan borderless dapat juga menimbulkan banyak permasalahan termasuk masalah kejahatan telematika yang sifatnya lintas batas wilayah Negara.  Beberapa negara mengkategorikan kejahatan telematika sebagai kejahatan transnasional, sehinggga perlu adanya suatu kerjasama internasional dalam menangani kejahatan telematika tersebut. Akan tetapi banyak negara yang masih mengalami berbagai kesulitan dalam melaksanakan usaha baik pencegahan atau pun penanganan kejahatan telematika tersebut.
Korban kejahatan telematika tidak terbatas pada individu, tetapi juga organisasi atau perusahaan bahkan negara secara keseluruhan. Keuntungan yang lain bagi pelaku kejahatan telematika adalah disparitas aturan berkaitan dengan kejahatan telematika di setiap negara. Bahkan masih banyak negara yang belum memiliki hukum yang mengatur khusus mengenai kejahatan telematika. Hal ini tentu memudahkan pelaku kejahatan telematika bisa dengan leluasa melakukan aktifitasnya tanpa terjerat hukum. Terdapat beragam contoh kasus mengenai kejahatan telematika sebagai kejahatan transnasional.
Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari Telematika tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Bila penggunaan  teknologi yang memadukan media elektronik dengan informasi ini secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif. Sebaliknya, akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana.
A. Dampak kejahatan yang diakibatkan dari Telematika itu sendiri,:
1.     Pornografi
2.     Cyber-Stalking
3.     Cyber-Tresspass
4.     Pembobolan ATM
5.     Hacker-Cracker
B. Dampak Positif dengan adanya Telematika antara lain:
1.        Adanya E-Book menghemat produksi kertas
2.        Penghematan waktu dalam segi E-commerce, E-business
3.        Pemanfaatan Satelit
4.        GPS
5.        Video-Conference

  
Referensi





No comments:

Post a Comment